Minggu, 02 Januari 2011

Perbedaan Operating System

Perbedaan Antara Windows 3X, Windows 95, Windows ME, dan Windows XP

1. Windows 3X.

  • Merupakan salah satu Operating system pada Komputer yang dikembangkan oleh Microsoft digunakan untuk komputer pribadi atau rumahan.
  • Dikembangkan untuk memperbaiki generasi Windows sebelumnya yaitu seri Windows 2X, dan merupakan salah satu saingan dengan Apple Macintosh dan Amiga Comodore.
  • Dimulai dengan Windows 3.0 yang dirilis pada 22 Mei 1990 dengan sistem Multitasking dan program MS-DOS, memiliki kompilasi 16-bit, prosessor Intel 8086/8088, memiliki memori konvensional dari 640 Kbit sampai 1 Mbit, Harddisk ruang bebas 6-7 MB. 
  • Windows 3.1 meneruskan Windows 3.0 yang dirilis Maret 1992 masih menggunakan kompilasi 16-bit pada sistem operasinya untuk komputer pribadi.
  • Kemudian muncul Windows 3.11 yang dirilis 31 Desember 1993, merupakan Updatetan dari Windows 3.1, didalamnya ada service pack dan set disk yang penuh, mulai menggunakan kompilasi 32-bit.
  • Windows 3.2 dirilis tahun 1994 yang memiliki sistem multitasking pada komputer dengan disk 10 MS-DOS.
  • Windows 3X memiliki Fitur sebagai berikut yaitu :
  1. Dukungan terhadap Aplikasi Multimedia.
  2. Menghilangkan Modus real, dan menggunakan Modus yang terproteksi.
  3. Mulai menggunakan kernel Hibrida.
  4. Memperkenalkan sistem berkas NTFS.
  5. Lebih mendukung pada Internet Explorer.
  6. Memiliki fungsi multitasking dengan skema cooperative multitasking.
  7. Memiliki progaram File manager dan Program Manager.
2. Windows 95.


  • Merupakan salah satu varian Windows yang dikembangkan oleh Microsoft dirilis 14 Agustus 1995, dan merupakan sistem operasi hibrida dengan dukungan program aplikasi MS-DOS memiliki kompilasi 16-bit hingga 32-bit.
  • Mulai dirancang dengan memperkenal tombol menu "Star" sebagai pengakses program work group menggantikan program Manager, adanya fitur Windows manager sebagai pengganti File Manager.
  • Mampu mendukung berkas file yang panjang dan penamaan hingga sampai 256 karakter huruf.
  • Didalamnya memiliki Microsoft Office 1995 dan memiliki browser operasional yaitu Microsoft Internet Explorer.
  • Windows 95 memiliki berapa Fitur, diantaranya :
  1. Memiliki desain antarmuka garafis yang sanat berbeda dengan versi Windows 3X yang didesain ulang, yaitu dekstop yang dapat dikonfigurasikan , adanya Taskbar, tombol Start, dan menu yang konteks.
  2. Aplikasi MS-DOS 16-bit dengan Windows 16-bit, memliki kompabilitas dengan perangkat keras yang lama.
  3. Fungsi Multitasking ditingakan yaitu dengan menggunakan Skema Preemtive Multitasking.
  4. Mempunyai subsistem jaringan, subsistem disk, dan subsistem pencetakan yang berbasis 32-bit yang terintegrasi.
  5. Dukungan jaringan terintegrasi yang cukup luas, yaitu mencakup Microsoft Networking ( NetBUEI, TCP/IP, NetWare atau IPX/SPX, Banyan Vines ), dan Windows Messaging seperti kirim e-mail.
  6. Memiliki Dial-up Networking untuk koneksi Remote Access service (RAS)  dan Koneksi Internet.
  7. Dukungan terhadap berkas yang panjang dan dukungan Plug-and-play untuk mendeteksi instalasi perangkat keras dan konfigurasi terhadapnya secara otomatis.
  8. Dukungan terhadap Advanced Power Management (APM) untuk memanajemen Daya, Multi media (Video dan Audio) yang terintegrasi, serta Dukungan secara terpusat darivserver contohnya pada group policy dan user profile.
  9. Memberikan kekuatan dalam pengembangan aplikasi untuk perkembanagan Software, Industri, penelitian, dan produk-produk industri. 
3. Windows ME (Millennium Edition).

  • Merupakan salah satu perangkat lunak yang dikembangkan oleh Microsoft diluncurkan 14 September 2000, merupakan versi windows yang diperuntukkan kalangan rumahan, yang menggeser sistem operasi komputer versi sebelumnya.
  • Windows ini berjalan dengan baik tanpa menggunakan MS-DOS, merupakan sistem operasi yang transisi antara 16-bit dan 32-bit seperti pada Windows versi sebelumnya yaitu Windows 98, sehingga bisa mendukung program 16-bit dan 32-bit dengan baik.
  • Windows ME memiliki beberapa Fitur, daintaranya :
  1. Versi ini memperbaiki versi Windows 98 dengan dukungan Multimedia dan Internet yang lebih baik.
  2. Menggunakan Sytem Restore yaitu mengizin para User dimana untuk mengembalikan sistem yang tadinya baik-baik saja, terus mengalami suatu kegagalan pada sistem operasinya.
  3. Meperkenalkan Windows Movie Maker versi pertama, memiliki fitur Internet Explorer 5.5, Windows Media Player 7.0, dan Microsoft DirectX 7.1
  4. Merupakan Windows yang Unik diantara versi yang lainnya, disebut juga Windows Mistake Edition yaitu karena berkenaan dengan kestabilan dan dukungan terhadap MS-DOS yang berjalan didalam Modul Real.
  5. Merupakan sistem operasi yang terakhir menggunakan berdasrkan Kernel Monolithic Windows 9x dan MS-DOS.
  6. Dan juga merupakan Versi sistem operasi Windows terakhir yang tidak memliki Windows Product Activition. (WPA).
4. Windows XP ( Experience ).





  • Merupakan salah satu sistem operasi dari Windows generasi sebelumnya sebagai versi lanjutan yang dikembangakan oleh Microsoft pada sekitar akhir 2001, dan merupakan versi yang lama digunakan oleh User dari tahun 2001 sampai tahun 2007.
  • Windows ini dianggap sebagai Windows yang menyatukan kedua jajaran produk yaitu versi Windows 9X dan versi Windows NT, dimana Windows XP menggunakan kernel Windows 5.1.
  • Dibuat untuk kalangan komputer rumahan, desktop bisnis, dan komputer pribadi.
  • Windows XP memiliki beberapa Fitur dan kelebihan, diantaranya :
  1. Memiliki sebuah sistem operasi yang tingkat kestabilannya sangat baik dari versi pendahulunya yaitu Windows 98, Windows ME, dan Windows 2000 Professional.
  2. Disamping memiliki Efisiensi yaitu dalam hal Teknik memanajemen Software dan tampilannya pun telah dirombak sehingga lebih ringan dan lebih mudah digunakan.
  3. Dianggap windows yang paling lengkap dari segi Fiturnya.
  4. Peningkatan pengaturan kontrol akses, dimana Fitur ini memungkinkan para User untuk dibatasi aksesnya karena tidak memiliki hak akses terhadap suatu objek tertentu. dengan kata lain setiap User memiliki hak untuk mengakses berkas data dengan  mudah.
  5. Mendukung sistem berkas yang terenkripsi (EFS), dimana Windows XP memproteksi setiap data penting sehingga tidak dapat dibuka oleh user dan komputer lain kecuali hanya dengan kode, sistem ini dianggap handal.
  6. Setiap file yang terenkripsi akan berwarna hijau dan tidak dapat dibuka oleh orang lain atau komputer lain, karena tercipta File permission.

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar