Senin, 24 Januari 2011

ERP Open Source

Definisi :  
  • ERP (Enterprise Resource Planning) yang dalam Bahasa Indonesia adalah "Perencanaan Sumber daya Perusahaan" yang artinya merupakan Sistem informasi yang diperuntukkan bagi perusahaan yang bergerak dibidang manufaktur, maupun jasa yang berperan untuk mengintegrasikan dan mengotomasikan proses bisnis yang berhubungan dengan beberapa aspek, yaitu seperti  Operasi, Produksi , dan Distribusi di perusahaan bersangkutan.
  • Sejarah ERP tercipta dari evolusi MRP (Material Requirement Planning) yang kemudian berkembang menjadi MRP II (Manufacturing Resource Planning).
  • Sistem ERP secara modular biasanya menangani berbagai proses yaitu seperti ; Manufaktur, Logistik, Distribusi, Persediaan (Inventory), Pengapalan, Invoice dan Akuntasi Perusahaan, sehingga sistem ini dapat membantu mengontrol aktivitas bisnis seperti Penjualan, Pengiriman, Produksi, Manajemen Persediaan, Manajemen Kualitas dan Sumber Daya Manusia.
Karakteristik dari Sistem ERP 
  • ERP disebut juga sebagai Back Office System yang mengindikasikan bahwa pelanggan dan publik secara umum tidak dilibatkan dalam sistem ERP, sedangkan sistem yang berurusan langsung dengan pelanggan dan publik adalah Front Office System yaitu seperti sistem pada e-Commerce, CRM (Customer Relationship Management), e-Government, dan sebagainya.
Salah satu contoh ERP yang open source yaitu Compiere dan Magic. 

Compiere.
  • Merupakan salah satu bentuk ERP yang bersifat open source dengan menggunakan metode CRM (Costumer Relationship Management) atau Manajemen Hubungan Pelanggan yang terbuka untuk bisnis kelas Usaha Kecil dan Menengah (UKM) yaitu dalam bidang Jasa dan Distribusi.
  • Memiliki beberapa fungsi yaitu :
  1. Untuk menghindari duplikasi informasi dan untuk kebutuhan sinkronisasi, maka dilakukan penyelengaraan dengan cara yang berbeda.
  2. Mempunyai modul yang berfungsi sebagai Quote untuk Kas, Permintaan untuk pembayaran gaji, dan Manajemen hubungan dengan pelanggan.
  3. Sebagai mitra hubungan manajemen, Analisa Kinerja dan Gudang.
  4. Pada pembukuan menghindari penginputan dua kali (Double Entry).  
  • Pada saat ini sebuah modul manufaktur sedang dikembangkan dalam suatu Proyek yang Independen yaitu CMPCS, dan Compiere ini telah dikembangkan oleh Java EE.
  • Compiere merupakan sebuah Arsitek Model yang mendorong pengembangan, penyebaran, dan pemeliharaan kerangka kerja yang dirancang dengan tujuan beserta perubahan sebagai bisnis yang berkembang, sehingga setiap saat pelanggan dapat mengubah struktur informasinya sesuai dengan kebutuhan informasi baru.  
  • Menyediakan beberapa tampilan dari informasi bisnis berdasarkan detail dari transaksi yang sesungguhnya dan struktur ini memungkinkan fleksibilitas dan integrasi informasi eksternal tambahan.
  • Compiere sepenuhnya berdasarkan pada konsep Active Data Dictionary (ADD) atau Kamus Data Aktif yang berisi beberapa definisi dari suatu Entitas Data (seperti tipe, validasi, dll), Bagaimana Compiere ditampilkan (seperti label pada layar dan laporan, bantuan, urutan tampilan dan posisi relatif terhadap bidang lain), dan Aturan tampilan, juga berisi Aturan Keamanan dan Akses.



    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar