Selasa, 28 Desember 2010

Aplikasi Perangkat Lunak Favorit

Perangkat Lunak Bahasa Pemrograman (Programming Software)
Definisi:
  • Merupakan Program yang digunakan untuk menerjemahkan instruksi-instruksi yang ditulis dalam bahasa pemrograman kedalam bahasa mesin agar dapat dimengerti dan dijalankan oleh komputer.
  • Untuk Komputer generasi pertama Bahasa Pemrograman yang digunakan adalah Bahasa mesin atau Machine Language.
  • Komputer generasi kedua yaitu bahasa pemrograman digunakan sekaligus dikembangkan adalah Machine-Oriented Assembler Language.
  • Pada Komputer Generasi Ketiga ini mulai digunakan Bahasa Pemrograman tingkat tinggi yaitu High-Level Programming Language.
  • Pada Komputer Generasi sekarang ( Generasi keempat )sedang dikembangkan Bahasa Pemrograman yaitu suatu Teknik Pemrograman yang berorientasi pada Objek yang disebut Object Oriented Programming.

Kesan-kesan terhadap Bahasa Pemrograman
Bahasa pemrograman dibagi menjadi 3 Tingkatan yaitu :

    1.   Bahasa Pemrograman Tingkat Rendah
    1. Merupakan Bahasa pemrograman pada komputer generasi pertama, karena bahasa yang digunakan adalah bahasa pemrograman mesin (Machine Language) atau disebut juga bahasa Assembler.
    2. Merupakan bahasa dengan pemetaan satu – persatu terhadap instruksi komputer, dan setiap instruksi assembly diterjemahkan dengan menggunakan assembler.
    3. Bahasa pemrograman seperti ini sulit dimengerti, karena yang digunakan adalah bahasa mesin.
    4. Bilangan yang digunakan oleh komputer itu sendiri yaitu bilangan binner  antara angka 0,1, serta bilangan tak hingga.
    2.   Bahasa Pemrograman Tingkat Menengah.
    1. Merupakan bahasa dimana penggunaan instruksinya mendekati bahasa sehari-hari.
    2. Bahasanya cukup sulit dimengerti karena menggunakan singkatan-singkatan seperti STO yang artinya simpan (STORE) dan MOV artinya pindah (MOVE).
    3. Yang tergolong dalam bahasa pemrograman ini adalah Fortran.
    3.   Bahasa Pemrograman Tingat Tinggi.
    1. Merupakan bahasa pemrograman yang cirri-cirinya mudah dimengerti, karena kedekatannya terhadap bahasa sehari-hari yang digunakan.
    2. Sebuah bahasa pernyataan program yang diterjemahkan oleh sebuah atau beberapa mesin dengan menggunakan Compiler, Contohnya : JAVA, C++, . NET.
    3. Program yang termasuk dalam bahasa pemrograman tingkat tinggi ini, yaitu; Basic, Cobol, Pascal.
    A.  Basic (Beginners All-purpose Symbolic Instruction Code)  
          Yang termasuk dalam keluraga Bahasa Pemrograman Basaic diantaranya :
    1.    GW-Basic merupakan bahasa pemrograman yang dikembangkan oleh Microsoft, kepanjangan dari GW sendiri bisa Greg Written yaitu seorang karyawan awal  Microsoft Corporation, atau Gee Whiz, atau bisa juga Gates-William nama dari Bill Gate sendiri, atau terori yang lain menyebutkan GW adalah Graphics dan Windows. Dalm GW sendiri memiliki sistem yang bersifat “Command Line” yaitu semua baris program harus diberi angka nomor baris, dan semua baris Program yang tidak diberi angka nomor baris dianggap perintah langsung yang akan dieksekusi secara langsung.
    2.    GAMBAS (Perangkat Lunak) merupakan salah satu dialek bahasa BASIC yang berorientasi pada Objek yang berjalan, Gambas ini digunakan pada Sistem Operasi Linux dan BSD.
    3.    REAL Basic merupakan salah satu dialek bahasa pemrograman   Basic yang berorientasi pada Objek yang berhasil dikembangkan dan dipasarkan oleh Real Software. Inc yang disediakan untuk MS Windows, Mac OS X, Linux.
    4.    Visual Basic merupakan salah bahasa pemrograman dari Basic yang dikembangkan oleh Microsoft yang berbasis grafik dengan cepat. Dan menawarkan IDE (Integrated Development Environment) visual untuk membuat program perangkat lunak berbasis Sistem operasi pada Microsoft Windows dengan model pemrograman (COM). Versi ini contohnya: Visual Basic of Aplications (VBA), dan Visual Basic Scripting Edition (VBScript). Dan masih banyak lagi.

    B.  Cobol (Common Business Oriented Language)
    • Merupakan salah satu bahasa pemrograman tingkat tinggi generasi ketiga. 
    • Yang mempunyai fungsi untuk menyelesaikan permasalahan yang berhubungan dengan perdagangan, contohnya pada sistem pengelolaan keuangan, laporan pengeluaran dan pemasukan suatu perusahaan.

    C.  Pascal.       
    • Merupakan Salah satu bahasa pemrograman tingkat tinggi yang diperkenalkan pertama kali oleh professor Niklaus Wirth pada tahun 1971 sebagai anggota International Federation of Information Processing (IFIP).       
    • Nama pascal sendiri diambil dari salah satu nama Matematikawan bangsa Prancis yaitu Blaise Pascal penemu mesin hitung. 
    • Bahasa pemrograman Pascal ini memiliki kelebihan, antara lain:

                1.    Memiliki Tipe Data yang Standar yaitu :
       Byte : angka yang digunakan adalah dari 0 sampai 255.
       Interger : memiliki angka yang digunakan adalah dari -32768 sampai 32767.
       Real : memiliki angka nilai pecahan dari 1E-38 sampai 1E+38.
       Boolean : memiliki nilai antara Benar (TRUE) atau Salah (FALSE).
       Char : memiliki semua karakter angka atau huruf yang diambil dari ASCII.
       String : yang digunakan adalah semua Huruf, Spasi, dan Frase.
    2.    User atau programmer dapat membuat tipe data lain yang diturunkan dari Tipe Data Standar.
    3.    Memiliki Tipe Data yang kuat yaitu programmer harus bisa menentukan tipe data dari suatu Variabel, Variabel tersebut bisa dipergunakan untuk menyimpan data selain format yang telah ditentukan.
    4.    Terstruktur yaitu memiliki sintaks yang memungkinkan penulisan program dapat dipecah menjadi fungsi-fungsi kecil (Procedure and Function) yang dapat dipergunakan secara berulang-ulang.
    5.    Bahasa pemrogaraman pascal bersifat Sederhana dan Ekspresif yaitu memiliki struktur yang sederhana dan mendekati bahasa manusia sehingga mudah dipelajari dan dipahami.
    Contohnya pada Program HelloWord yang menggunakan bahasa pascal.

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar