Minggu, 09 Januari 2011

Perbedaan Antara Windows NT, Windows 2000 Server, Windows 2003 Server, dan Windows 2008 Server.

1. Windows NT.

  • Merupakan salah satu jenis sistem operasi dari keluarga Windows yang dikembangkan oleh Microsoft yang mendukung pada program sistem 32-bit, dan merupakan pendahulu dari Windows 2000, Windows XP, Windows Server 2003,danWindows Vista.
  • Windows NT didukung oleh beberapa Platform mikroprosessor, diantaranya :
  1. Dimulai dari Intel 80X86 sampai sekarang.
  2. MIPS R4X00 sampai versi Windows NT seri 4.0.
  3. Digital Equipment corporation Alpha AXP sampai versi Windows Beta 3.
  4. IBM PowerPC dari versi Wuindows NT 3.51 sampai versi Windows 4.0.
  5. Dan beberapa platform lain yang didukung oleh pihak ketiga seperti, Clipper dan SPARC dengan pihak ketiganya Intergraph, berjalan tidak sampai lama karena dirilis bersifat bukan untuk umum.
  • Sampai saat ini Windows NT untuk mikroprosessor masih didukung oleh beberapa platform yaitu Intel 80X86, Intel IA64, dan AMD64 (atau x64).
  • Windows NT mempunyai beberapa edisi yang diluncurkan , diantaranya :
  1. Windows NT WorkStation yaitu dibuat khusus untuk User pada workstation jaringan.
  2. Windows NT Server yaitu dibuat khusus untuk User pada server jaringan.
  3. Windows NT Interprise Server atau Windows NT Advanced Server yaitu juga dibuat khusus untuk User pada server jaringan, tetapi lebih menawarkan pada fungsi dan fitur daripada Windows NT Standar.
  • Memiliki beberapa Fitur, diantaranya :
  1. Mendukung penuh untuk prosessor 32-bit, tidak dibangun oleh MS-DOS, semua fiturnya didukung oleh mikroprosessor Intel 386DX keatas, penggunaan  modus terproteksi  (protected mode), mampu mengalamati memori sampai 4 GB dengan menggunakan 32-bit flat linier address, dan untuk dukungan prosessor lainnya disuplai dengan HAL (Hardware Abstraction Layer) yaitu menambahkan sebuah lapisan perantara dibawah kernel untuk berkomunikasi dengan perangkat keras.
  2. Dukungan aplikasi, Windows NT memiliki OS 32-bit yang murni dan aplikasi 32-bit murni, contohnya aplikasi MS-DOS kecuali (Game MS-DOS), apliksi pada Windows 16-bit, dan aplikasi pada OS/2.
  3. Memiliki fitur keamanan yang canggih sehingga digunakan pada lingkungan yang korporat, seperti pada pengaturan akses secara diskret (Discretionary Access Control), penggunaan SID (Security Identifier) yang menjamin setiap User dalam penggunaan akun yang berbeda  dengan cara setiap user harus login terlebih dulu (Access Token).
  4. Mendukung beberapa sistem berkas (File System), contohnya FAT16 (sistem berkas milik MS-DOS), HPFS (sistem berkas milik IBM OS/2), NFS (sistem berkas milik Windows NT).
  5. Memiliki Desain full GUI (Graphical User Interface atau antar muka grafis) secara Intergral kedalam komponen sistem operasi, sehingga menawarkan fitur yang ramah bagi pengguna atau user-friendly. 
2. Windows 2000 Server.

  • Merupakan salah satu sistem operasi yang dikembang oleh Microsoft dirilis 17 Februari 2000 di AS, dan merupakan versi pengembangan dari Windows NT seri 4.0. Disebut juga Windows NT 5.0 build 2159.
  • Memiliki beberapa versi, diantaranya :
  1. Windows 2000 Profesional yang dikembangkan untuk menggantikan Windows NT Workstation 4.0.
  2. Windows 2000 Server yang dikembangkan untuk menggantikan Windows NT Server 4.0.
  3. Windows 2000 Advanced Server yang dikembangkan untuk menggantikan Windows NT Enterprise Server.
  4. Windows 2000 Datacenter Server merupakan versi yang terbaru dalam sistem operasi Windows 2000 yang dikembang untuk pengelola pusat basis data yang sangat dibutuhkan dalam pasr korporat.
  5. Windows 2000 Limited Edition yang didesain khusus untuk mikroprosesor Intel Itanium yang menggunakan arsitektur IA-64 dari Intel Corporation. 
  • Windows 2000 juga memiliki beberapa Fitur, diantaranya yaitu :
  1. Memiliki Active Directory yang baru dan Image Preview.
  2. Memiliki Browser Explorer yang baru yaitu Internet Explorer 5.0.
  3. Mendukung Microsoft DirectX, sedangkan pada Windows NT 4.0 mendukung Akselerasi OpenGL saja.
  4. Memiliki Windows Media Player 6.4 yang terintegrasi, dimana dapat di Install kedalam versi Windows NT 4.0.
  5. Mempunyai Plug And Play yang lebih canggih sehingga dalam pemasangan Hardware tertentu dapat langsung berjalan tanpa harus melalui proses restart.
  6. Pada hardware menggunakan driver yang berbasis WDM (Windows Driver Model).
  7. Mendukung untuk manajemen daya yang lebih baik yaitu ACPI (Advanced Configuration and Power Interface) yang dapat menghemat daya, biasanya digunakan pada komputer potable seperti Laptop dan Notebook.
  8. Memiliki Terminal Service yang telah terintegrasi.
3. Windows 2003 Server.

  • Merupakan salah satu sistem operasi dari Windows yang dikembangkan oleh Microsoft yang ditunjukkan untuk pasar server yang korporat.
  • Dan merupakan sistem operasi ini melanjutkan versi sebelumnya yaitu sistem Windows 2000 Server, untuk nomor versi internalnya adalah Microsoft Windows NT 5.2 Build 3790 yang versi sebelumnya dikenal dengan NET Server atau Windows NET Server, atau juga Whitsler Server.
  • Pada awalnya Microsoft menciptakan dua proyek yang menyediakan infrastruktur jaringan pada sistem operasi yaitu Windows Server dan Windows Workstation, dikarenakan jadwal pengembangan yang sangat ketat sehingga mengalami penundaan, dan pada akhirnya Windows Workstationlah yang berhasil dikembangkan yang dirilis setahun kemudian yaitu lebih dikenal dengan Windows XP.
  • Dilihat dari produknya, Windows 2003 Server mempunyai beberapa versi yaitu :
  1. Windows Server 2003 Standard Edition.
  2. Windows Server 2003 Enterprise Edition.
  3. Windows Server 2003 Datacenter Edition.
  4. Windows Server 2003 Web Edition.
  5. Windows Small Business Server 2003.
  6. Windows Storage Server 2003.
  •  Windows 2003 Server memiliki beberapa Fitur diantaranya, yaitu :
  1. Memiliki Fitur yang Standar sebuah server yaitu berupa file service, print service, atau application server yang dapat diinstal. (Windows Server 2003 Standard Edition).
  2. Memiliki Domain Controller Server, Public Key Infrastructure (PKI), Domain Name System (DNS), Dynamic Host Configuration Protocol (DHCP),Windows Name Internet Name Service (WINS), dan Windows Terminal Services (WTS). (Windows Server 2003 Standard Edition).
  3. Pada Windows Server 2003 Enterprise Edition memiliki beberapa fitur seperti ; AWE (Address Windowing Extention) yaitu mengizinkan sistem operasi agar mereservasikan hanya 1 GB dari memori fisik untuk digunakan oleh Windows, sehingga mengizinkan aplikasi menggunakan sisa 3 GB memori yang ada (dalam sistem x86, yang hanya mendukung 4 GB memori), memiliki Hot-Memory yaitu mengizinkan penambahan memori ketika sistem sedang berjalan, walaupun hanya sistem-sistem tertentu yang mendukungnya.
  4. Memiliki Non-uniform memory access (NUMA) yaitu mengizinkan Windows untuk mengakses bus-bus memori berbeda sebagai sebuah unit memori yang sama, sehingga mengizinkan delapan buah prosesor x86 yang hanya mendukung 4 GB mendukung hingga 32 GB memori atau 4 GB untuk tiap prosesornya. (Windows Server 2003 Enterprise Edition).
  5. Memiliki teknologi Clustering yaitu dengan  mengizinkan banyak server / hingga empat buah node terlihat sebagai sebuah server oleh klien untuk kinerja atau keandalan, dan juga memiliki Terminal Server Session Directory (TSSD) yaitu  dengan mengizinkan klien untuk melakukan koneksi ulang ke sebuah sistem terminal services yang didukung oleh server yang menjalankan terminal services, contohnya dalam sebuah lingkungan dengan delapan server yang menjalankan terminal services, jika salah satu server mengalami kegagalan, klien akan secara otomatis membuat koneksi kembali ke sisa server (7) yang lainnya atau yang masih berjalan dan memiliki slot klien.  (Windows Server 2003 Enterprise Edition).
  6. Seluruh Hardware yang dimasukkan ke dalam server harus memenuhi standar Microsoft dan lolos dari beberapa kali pengujian kecocokan (kompatibilitas), keandalan (reliabilitas), Hal ini diberlakukan terhadap semua Hardware, mulai dari prosesor, kartu jaringan, harddisk drive, dan komponen vital lainnya. (Windows Server 2003 Datacenter Edition).
  7. Semua driver Hardware harus disertifikasi oleh Microsoft, dan tentu saja, driver-driver tersebut harus lolos pengujian, yang mungkin dapat menghabiskan waktu lebih dari sebulan. (Windows Server 2003 Datacenter Edition).
  8. User tidak dapat mengubah hardware server sesuka hatinya tanpa adanya pihak yang berwenang atau Customer Support  vendor server / dari pihak Microsoft sendiri, dan semua perubahan harus lolos pengujian yang dilakukan di atas. (Windows Server 2003 Datacenter Edition).
4. Windows 2008 Server.

  • Merupakan salah satu sistem operasi Windows yang dikembangkan oleh Microsoft untuk server yang dirilis Februari 2008, dan sistem ini merupakan pengembangan dari sistem operasi sebelumnya yaitu Windows 2003 Server.
  • Merupakan nama lain dari Windows Server Longhom dan mendukung pada sistem klien yaitu Windows Vista seperti pada Windows 2003 Server pada sistem Windows XP.
  • Windows 2008 Server ini mempunyai beberapa Fitur yang dapat diunggulkan, diantaranya :
  1. Memiliki Network stack yang ditulis lagi dari awal (IPv6, jaringan nirkabel, kecepatan, dan peningkatan keamanan).
  2. Memiliki Instalasi yang lebih mudah, seperti diagnosa, pemantauan dan pencatatan yang lebih baik.
  3. Memiliki sistem Scurity yang lebih tangguh seperti BitLocker Drive Encryption, Address Space Layout Randomization (ASLR).
  4. Windows Firewall yang lebih baik dan  teknologi Microsoft .NET Framework 3.0, seperti Windows Communication Foundation, Microsoft Message Queuing (MSMQ), dan Windows Workflow Foundation (WFW), dan peningkatan pada sisi kernel.
  5. Dari segi Hardware, prosesor dan perangkat Memori dimodelkan sebagai Hardware yang Plug and Play, sehingga mengizinkan pada proses Hot-Plugging terhadap perangkat-perangkat tersebut.
  6. Mempunyai fitur Dynamic Hardware Patitioning (DHP) yaitu sumber daya sistem yang dapat dibagi kedalam partisi-partisi secara dinamis, dinama setiap partisinya memiliki memori, prosessor, dan Input / Output secara independen terhadap partisi lainnya.

          Tidak ada komentar:

          Posting Komentar